Polres Gelar Simulasi Pengamanan TPS

Polres Gelar Simulasi  Pengamanan TPS

\"Ary,

CURUP, BE - Untuk memantapkan proses pengamanan pelaksanaan Pilkada, Jajaran Polres Rejang Lebong melalui satuan Bina Masyarakat melaksanakan simulasi pengamanan Pilkada bersama Linmas yang akan dilibatkan dalam Pilkada nanti.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Dimanto SH SIk melalui Kasat Binmas AKP Nurdai mengatakan, simulasi pengamanan yang mereka lakukan bersama Linmas tersebut dilakukan secara bertahap. Dalam pelaksanannya Linmas dari gabungan dua atau tiga kecamatan digabung menjadi satu kemudian diberi pelatihan dan simulasi.

\"Khusus untuk hari ini simulasi pengamanan TPS untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Curup Utara dan Kecamatan Curup Selatan,\" ungkap Nurda\'i saat simulasi di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup, Rabu (2/12) pagi kemarin.

Dijelaskan Nurda\'i, simulasi pengamanan Linmas di TPS sangat penting dilakukan agar linmas yang berjaga membantu pengamanan di TPS mengerti akan tugas dan penempatanya mulai persiapan pencoblosan ataupun sesudah pencbolosan surat suara 9 Desember mendatang.

\"Memang simulasi dilakukan disemua kecamatan, ada dua kecamatan digabung menjadi satu, ada juga digabungkan dari 3 kecamatan menjadi satu, untuk simulasi hari ini dilapangan Dwitunggal melibatkan Linmas didua kecamatan yakni Linmas Kecamatan Curup utara dan Curup selatan,\"paparnya.

Lebih lanjut Nurdai menjelaskan, Linmas pada pelaksanaan Pilkada nanti mempunyai peran pengamanan di TPS harus mengerti apa yang harus dilakukan ataupun tempat dirinya berada. Mulai kotak suara sampai ke TPS, proses pencoblosan hingga pencoblosan selesai dan pengiriman TPS ke PPK.

\"Peran Linmas juga membantu pengamanan aparat yang ada mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkkan. Untuk masing-masing TPS ada 2 linmas yang bertugas, Kami berharap dengan simulasi dilakukan disemua kecamatan, para Linmas bisa lebih mempersiapkan pelaksanaan pengamanan saat pelaksanaan pencbolosan pilkada serentak 9 Desmber digelar,\" tutupnya. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: